Rin Mouri

Haii.. MuDah-mudahan apa yang kamu cari ada disini.. Teng_Q 4 Visits...

08 Juni 2009

AKI SEMAKIN TINGGI

AKI didefinisikan sebagai banyaknya kematian perempuan saat hamil atau selama 42 hari sejak terminasi kehamilan tanpa memandang lama dan tempat persalinan akibat kehamilan atau pengelolaannya, dan bukan karena sebab lain. Angka ini dihitung per 100.000 kelahiran hidup. Angka ini biasanya dipakai untuk memperlihatkan kualitas pembangunan kesehatan masyarakat sebuah negara.

Tingginya AKI di Indonesia mencerminkan belum terpenuhinya hak-hak reproduksi wanita Indonesia. Ada dua belas hak reproduksi wanita yang disepakati dalam Konferensi Internasional Kependudukan dan Pembangunan di Kairo tahun 1994.

PENYEBAB

Problema kematian ibu hamil dan melahirkan yang angkanya masih tinggi di Indonesia, sangat kompleks. Karena itu, untuk menekan angka kematian tersebut, tidak akan berhasil bila hanya dilakukan Depkes tanpa keterlibatan pihak lain. Penyebab masalah ini ada secara langsung dan tidak langsung. Secara langsung meliputi perdarahan dengan kejadian paling banyak, eklampsia (keracunan kehamilan disertai kejang), infeksi, dan aborsi. Sedangkan secara tidak langsung meliputi sosial budaya, rendahnya tingkat pendidikan maupun ekonomi, di samping kesulitan akses transportasi.

1. menginginkan aborsi di ilegalkan dengan alasan untuk menekan anngka kematian ibu Tradisi sebagian besar masyarakat Indonesia yang memandang kehamilan sebagai hal biasa dan lumrah dialami oleh setiap wanita

2. Tiga hal paling pokok yang menyebabkan tingginya kematian ibu hamil yaitu pengetahuan akan tanda-tanda di masa kehamilan sedini mungkin, menyiasati sarana transportasi, mengubah tradisi dan cara pandang masyarakat kita.

3. informasi dan pendidikan yang sangat rendah.

4. Faktor yang paling menonjol dalam hal ini adalah kebijakan pemerintah dalam membangun kesehatan masyarakat. Akses terhadap pelayanan kesehatan yang berkualitas masih terbatas dan tidak merata. minimnya jumlah tenaga kesehatan yang terampil dalam penanganan persalinan dan komplikasinya.

5. tiga hal keterlambatan yakni, terlambat mengambil keputusan, transportasi, dan terlambat mendapat pelayanan kesehatan.

6. Sebagian besar kasus kematian ibu karena terlalu muda saat melahirkan, terlalu tua saat melahirkan, terlalu sering melahirkan, dan terlalu banyak anak


Label:

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda