Rin Mouri

Haii.. MuDah-mudahan apa yang kamu cari ada disini.. Teng_Q 4 Visits...

18 Juli 2009

☺ Fungsi Organ Reproduksi pada Pria dan Wanita

1 Organ reproduksi pria

a. Skrotum
Adalah kantong longgar yang tersusun atas kulit, fasia, dan otot polos yang membungkus dan menopang testis di luar yang pada suhu optimum untuk produksi spermatozoa. Ada otot dartos yaitu suatu lapisan serat dalam fasia dasar yang berkontraksi untuk membentuk kerutan pada kulit scrotal sebagai respon terhadap udara dingin atau eksitasi seksual. Ada dua kantong scrotal, yang pada scrotal berisi satu testis yang dipisahkan oleh septum internal.
b. Testis
Adalah organ lunak, berbentuk oval dengan panjang 4-5 cm dan diameter 2,5 cm. Fungsinya untuk menghasilkan hormon testosteron dan sperma. Dibagian kelenjar testis ada beberapa bagian, yaitu;
1) Tunika albuginea, yaitu kapsul yang membungkus testis yang merentang ke arah dalam yag terdiri dari sekitar 250 lobulus.
2) Tubulus seminiferus, yaitu tempat berlangsungnya spermatogenesis yang terlilit dalam lobulus. Didalamnya terdapat sel sertoli yang fungsinya adalah memberi nutrisi pada spermatozoa yang sedang berkembang, pembentukan hormon testosteron serta hormon inhibin (negative feedback) sehingga FSH turun.
3) Duktus, yang membawa sperma matur dari testis ke bagian eksterior tubuh.
4) Epididimis, yaiu tuba yang terlilit yang panjangnya 4-6 meter yang terletak disepanjang sisi posterior testis. Di bagian ini menerima sperma dari duktus aferen. Fungsi epididimis sebagai tempat pematangan sperma. Epididimis menyimpan sperma dan mempertahankannya sampai enam minggu. Selama enam minggu ini sperma menjadi motil, matur, sempurna dan mampu melakukan fertilisasi.
5) Duktus deferen, adalah kelanjutan dari epididimis yang berupa tuba lurus yang terletak dalam korda spermatic yang mengandung pembukuh darah dan pembuluh limfatik, syaraf SSO, otot kresmater dan jaringan ikat. Duktus ini mengakir di balik kandung kemih bagian bawah untuk bergabung dengan duktus ejakulator.
c. Ductus Ejaculator
Merupakan tempat pertemuan pembesaran (ampula) di bagian kedua ujung duktus deferen dan duktus dari vesika seminalis. Panjang mencapai 2 cm dan menembus kelenjar prostat untuk bergabung dengan uretra yang berasal dari kandung kemih.
d. Uretra
Yang merentang dari kandung kemih sampai ujung penis sebagai saluran sperma dan urine.

e. Kelenjar aksesoris
1) Sepasang vesikel seminalis, yang merupakan kantong terkonvulsi(berkelok-kelok) yang bermuara ke dalam duktus ejakulator menghasilkan secret berupa cairan kental dan basa yang akan fruktosa, yang berfungsi untuk melindungi dan menutrisi sperma, meningkatkan pH ejakulat dan mengandung prostaglandin yang menyababkan gerakan spermatozoa lebih cepat, sehingga lebih cepat sampai ke tuba fallopi. Setengah lebih sekresi vesika seminalis adalah semen.
2) Kelenjar prostat, mengeluarkan cairan basa yang menyerupai susu yang menetralisir asiditas vagina selama senggama dan meningkatkan motilitas sperma yang optimumpada pH 6.0 sampai 6.5.
3) Kelenjar bulbouretral (cowper), adalah sepasang kelenjar kecil yang ukurannya dan bentuknya menyerupai kacamg polong. Kelenjar ini berfungsi mensekresikan cairan basa yang mengandung mucus ke dalam uretra penis untuk melumasi dan melindungi serta ditambahkan pada semen (spermatozoa + secret).
f. Penis
Berfungsi untuk tempat keluar urine, semen serta sebagai organ kopulasi.


2 Organ reproduksi wanita

A. Genitalia Externa (vulva atau pudendum)
a. Mons pubis
Adalah bantalan jaringan lemak dan kulit yang terletak di atas simpisis pubis. Bagian ini tertutup rambut pubis setelah pubertas.
b. Labia Mayora (bibir besar)
Dua lapisan kulit longtudinal yang merentang ke bawah dari mons pubis dan menyatu pada sisi posterior perineum. Labium mayor analog dengan skrotum pada alat kelamin laki-laki.
c. Labia Minora (bibir kecil)
Lipatan kulit di bawah labium mayora, tetapi mengandung sebasea dan beberapa kelenjar keringat
d. Clítoris
Homolog dengan penis pada laki-laki tetapi tidak memiliki mulut uretra. Clítoris terdiri atas batang dan glans Clítoris bundar yang banyak mengandung ujung saraf dan sangat sensitif. Batang klitoris mengandung dua korpora kavernosum yang tersusun dari jaringan erektil yang pada saat mengembung dengan darah selama eksitasi seksual, bagian ini bertanggung jawab untuk ereksi klitoris.
e. Vestibula



f. Orifisum Uretra
Merupakan Jalur keluar urine dari kandung kemih
g. Mulut vagina
Terletak di bawah orifisium uretra. Sedangkan Himen (selaput dara) yang melingkari mulut vagina adalah suatu membran yang bentuk dan ukurannya bervariasi
h. Perineum
Kulit antara pertemuan dua lipatan labia mayor dan anus yang merupakan area berbentuk seperti intan yang terbentang dari simpisis pubis di sisi anterior sampai ke koksiks di sisi posterior dan ketuberositas iskial di sisi lateral.


B. Genitalia Interna
a. Ovarium
Merupakan tempat pembentukan sel telur (ovum), hormon estrogen dan progesteron.
b. Tuba fallopi
Berfungsi menerima dan mentransport oosit ke uterus setelah ovulasi.
Serta pada 1/3 bagian atas Tuba fallopi merupakan tempat fertilisasi.
c. Uterus(rahim)
Merupakan tempat tumbuh danberkembangnya janin.
Uterus terdiri atas:
1. Fundus uteri
Untuk mengetahui umur kehamilan dengan perabaan pada Fundus uteri.
2. Korpus uteri
Sebagai tempat janin berkembang.
3. Serviks uteri

d. Vagina
Sebagai organ kopulasi permpuan serta jalan lahir bayi dan aliran menstrual.


C. Payudara
Sebagai organ penting dalam proses lactasi yaitu dapat menghasilkan air susu dari kelenjar mamae,





DAFTAR PUSTAKA


SETIADI,.2007.ANATOMI DAN FISIOLOGI MANUSIA. SURABAYA: GRAHA ILMU
YEKTI, S.Pd., SRI.,2004. GITA BIOLOG UNTUK SMA XI. SURAKARTA: PABELAN.

1 Komentar:

Pada 13 Oktober 2010 pukul 17.46 , Blogger ErzaMusiva mengatakan...

makasih kk..
bermanfaat banget buat tugas biologi..
:-D

 

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda